Event-KegiatanSarana dan PrasaranaUtama

Atasi Masalah Lingkungan, Pokmas Sukoharjo Sosialisasikan Pembangunan IPAL Komunal

Dalam mendukung Kegiatan Peningkatan Prasarana dan Sarana Lingkungan Kel. Sukoharjo (DAU Tambahan). Kelompok Masyarakat (Pokmas) dengan fasilitasi Kel. Sukoharjo menyelenggarakan Sosialisasi Kegiatan Prasarana dan Sarana Umum di Aula Kel. Sukoharjo Kec. Klojen Kota Malang, Kamis, (9/7/2020).

Lurah Sukoharjo, Munadi, S.Sos,MM membuka kegiatan Sosialisasi IPAL Komunal bagi warga sasaran, Kamis (9/7/2020)

Sosialisasi yang diikuti sekitar 35 orang warga calon penerima manfaat dari RW 02 dan RW 06 tersebut dihadiri oleha Lurah Sukoharjo, Ketua Pokmas, Panitia Pengadaan Barang/Jasa (PPBJ) serta pihak ketiga yang akan dilibatkan dalam proses pembangunan dari CV ARB Multiguna.

“Alhamdulillah, setelaha mendengar penjelasan mengenai sisi baik dan manfaat dari IPAL Komunal tersebut, warga masyarakat mendukung kegiatan pembangunan tersebut, ” ungkap Ahmad Yusuf MZ, SE, Ketua Pokmas Sukoharjo di sela-sela acara, Kamis (9/7/2020).

Dengan bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Tambahan tahun anggaran 2020, Kelurahan Sukoharjo melalui Pokmas akan melaksanakan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal di beberapa lokasi di Kel. Sukoharjo yaitu di RW 02 dan RW 06.

IPAL Komunal adalah saluran pembuangan limbah rumah tangga yang dapat digunakan oleh beberapa keluarga yang belum memiliki septic tank. Pembangunan IPAL Komunal ini merupakan salah satu usulan warga dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2019 lalu.

Pembangunan IPAL Komunal yang lazim disebut biofil ini diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan perilaku buang air besar sembarangan (BABS)/Open Defecation Free (ODF).

BABS/ODF termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/Open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak-semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

Melalui sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat menerima dan ikut mendukung pelaksanaan pembangunan IPAL Komunal sehingga dapat berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. (dmb/arm).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *