Home > Artikel > Dasawisma Tulang Punggung Pemberdayaan Keluarga

Dasawisma Tulang Punggung Pemberdayaan Keluarga

Pemberdayaan keluarga merupakan salah satu tujuan gerakan PKK yang diawali dari kelompok dasawisma sebagai ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK dan program pemerintah.  Memperhatikan perannya yang strategis dalam mewujudkan keluarga sejahtera, maka dasawisma diharapkan mampu melaksanakan perannya sebagai mitra pemerintah dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Narasumber menyampaikan materi dalam Pelatihan Administrasi Dasawisma Gel. I di Aula Kel. Sukoharjo, Rabu (26/8/2020)

Sejalan dengan hal tersebut, Kelurahan Sukoharjo menyelenggarakan Pelatihan Administrasi Dasawisma Gelombang ke-1 melalui Kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga Tahun Anggaran 2020 di Aula Kelurahan Sukoharjo, Rabu (26/8/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Lurah Sukoharjo tersebut diikuti oleh perwakilan kader dasawisma di wilayah Kelurahan Sukoharjo.

Dalam sambutannya, Lurah Sukoharjo Munadi, S.Sos, MM mengimbau peserta agar bisa menduplikasikan informasi dan keterampilan yang telah dipelajari kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

“Dasawisma ini merupakan salah satu tulang punggung pendukung pelaksanaan pemberdayaan keluarga di tingkatan paling kecil,” tutur Munadi.

Ia menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan kader Dasawisma dalam menjalankan fungsi dasawisma melalui pendataan dan tata kelola administrasi secara tertib dan akuntabel.

“Harapannya materi yang disampaikan oleh narasumber bisa dipelajari dengan baik. Jika ada hal-hal yang belum dipahami, silakan ditanyakan langsung kepada narasumber,” lanjutnya.

Munadi juga menyampaikan bahwa insyaallah sekitar bulan Oktober atau November 2020 direncanakan akan diselenggarakan lomba dasawisma secara berjenjang, mulai tingkat RT hingga kelurahan.

Sementara itu Kasi Pemberdayaan Masyaraka Emy Rahayu, S.AP menjelaskan bahwa Pelatihan Administrasi Dasawisma ini sedianya akan diberikan kepada selitar 240 orang perwakilan kader dasawisma dari seluruh RT di wilayah Kel. Sukoharjo.

Mengingat protokol kesehatan COVID 19 membatasi jumlah peserta yang dapat berkumpul dalam satu ruangan, maka akan dilaksanakan dalam tiga gelombang. Gelombang I dilaksanakan Rabu (26/8/2020), Gelombang II Kamis (27/8/2020), dan Gelombang III dijadwalkan Rabu (2/9/2020).

“Pelatihan administrasi Dasawisma ini kami laksanakan dalam tiga gelombang dengan peserta sejumlah 80 orang dalam satu gelombang,” jelas Emy. “Namun sesuai protokol COVID, maka tiap kegiatan kami bagi dalam dua sesi. Sesi pagi dan siang dengan peserta setiap sesi, masing-masing sebanyak 40 orang.”

Peserta Pelatihan Gelombang I adalah Dasawisma wilayah RW 1 dan RW 2, gelombang II Dasawisma wilayah RW 3, RW 4, dan RW 5. Pelatihan Gelombang III diikuti Dasawisma wilayah RW 6 dan RW 7.

Hadir sebagai narasumber, dua orang Pengurus TP PKK Kecamatan Klojen mewakili Ketua TP PKK. Kedua narasumber tersebut adalah Jetty Sihaloho (Sekretaris I) dan Indiati (Sekretaris II).

Kedua narasumber menjelaskan tata cara pengisian buku-buku administrasi dari tingkat Dasawisma, PKK RT, PKK RW, hingga TP PKK Kelurahan.

Untuk diketahui, dasawisma merupakan kelompok ibu-ibu yang terdiri atas 10-20 keluarga yang bertetangga untuk mempermudah berjalannya suatu program. Dasawisma ada di setiap RT. Salah satu kegiatan dasawisma adalah meningkatkan kesehatan keluarga.*** (dmb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*