Home > Event-Kegiatan > Tingkatkan Kualitas Lansia, Kelurahan Sukoharjo Adakan Sosialisasi Kesehatan

Tingkatkan Kualitas Lansia, Kelurahan Sukoharjo Adakan Sosialisasi Kesehatan

Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup bagi para lanjut usia (lansia), Kelurahan Sukoharjo menyelenggarakan Sosialisasi Kesehatan bagi Lansia, Selasa (22/6/2021).

Kegiatan yang merupakan bagian dari Program Pemberdayaan Masyarakat Kel. Sukoharjo tersebut dilaksanakan di Aula Kelurahan Sukoharjo dan diikuti oleh 45 anggota Lansia atau Karang Werdha Kelurahan Sukoharjo.

Kegiatan dibuka oleh Lurah Sukoharjo Januar Agung Rizaldhi, SE dan menghadirkan dua narasumber, yakni Emi Sudarmiati, S.Sos dan Indah Alariani D.,SKM dari Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang. Sedangkan bertindak sebagai moderator adalah Kasi Pemberdayaan Masyarakat Emy Rahayu, S.AP.

Lanjut usia atau lansia adalah seseorang yang berusia 60 tahun atau lebih. Sedangkan keluarga lanjut usia adalah keluarga yang didalamnya terdapat anggota yang lanjut usia atau keluarga yang seluruh anggotanya lanjut usia.

Sebagaimana dijelaskan oleh narasumber, pada dasarnya setiap orang akan mengalami proses penuaan hingga memasuki masa lanjut usia, namun ada dua upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi perubahan pada proses menua tersebut.

Pertama, kondisi rentan dapat dicegah dengan perilaku hidup sehat dan kesejahteraan yang memadai bahkan sejak dalam kandungan.

Kedua, dengan menggunakan tujuh dimensi Lansia tangguh yang mencakup spiritual, intelektual, fisik, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional vokasional, serta lingkungan.

Narasumber menekankan bahwa kesehatan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh lansia maupun pemerintah. Pelayanan kesehatan bagi lansia harus diikuti kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia sehat, mandiri, aktif, produktif dan berdaya guna bagi keluarga dan masyarakat.

Pemeliharaan kesehatan lansia dilakukan dengan cara pemberian gizi yang seimbang, latihan (olahraga), pemeliharaan kebersihan diri, kebersihan lingkungan, pemeriksaan kesehatan berkala, dan rujukan.

Untuk menjalankan hal tersebut maka pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan membentuk beberapa lembaga kemasyarakatan dan menjalankan program pembinaan bagi lansia, seperti Karang Werdha dan Posyandu Lansia.

Salah satu kegiatan yang melibatkan lansia adalah Bina Keluarga Lansia (BKL). BKL adalah kelompok kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga yang memiliki lanjut usia dalam pengasuhan, perawatan dan pemberdayaan lansia agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan kaos olah raga dan sound system oleh Kel. Sukoharjo kepada lansia.

Untuk diketahui, pada tahun anggaran 2021 ini Kelurahan Sukoharjo juga menjadwalkan kegiatan senam lansia yang akan dilaksanakan rutin setiap bulan mulai Juli 2021 nanti.* (mj/dmb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*