BeritaUtama

Prioritaskan Lansia, Kel. Sukoharjo dan Puskesmas Bareng Gelar Vaksinasi COVID-19

Bapak Lurah Sukoharjo beserta Babinsa dan Babhinkamtibmas mendampingi jalannya Vacsin Covid-19 Rabu (22/9/2021)

Dalam rangka percepatan imunisasi bagi warga Kota Malang , Kel. Sukoharjo bersama Puskesmas Bareng menggelar Vaksinasi COVID-19 prioritas bagi Lansia bertempat di SMPN 2 Malang, Rabu (22/9/2021).

Antusiasme warga sangat tinggi dalam mengikuti mengikuti vaksinasi tersebut. Kegiatan yang dijadwalkan dimulai pukul 08.00 tersebut dimajukan karena jumlah peserta yang sudah hadir sejak sekira pukul 07.00 sudah cukup banyak.

Peserta kegiatan ini tidak hanya oleh para lanjut usia (lansia), peserta dari kalangan umum justru malah lebih banyak dari lansia sebagai sasaran utama kegiatan ini.

Dari pendataan yang dilakukan secara daring oleh pihak Kelurahan Sukoharjo, terdata 213 peserta yang mendaftar secara online. Jumlah itu terdiri atas 58 orang lansia, dan 155 orang nonlansia. Namun pada saat pelaksanaan, jumlah peserta meningkat menjadi 242 orang, karena 29 orang yang mendaftar secara luring/offline. Peserta tersebut tetap dilayani oleh petugas.

Lurah Sukoharjo Januar Agung Rizaldhi, SE membuka dan turut membantu pelaksanaan vaksinasi tersebut, dibantu petugas Polsek Klojen, bhabinkamtibmas, babinsa dan fasilitasi tempat dari SMPN 2 Malang.

Jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terlibat dalam kegiatan ini sekitar 21 orang petugas dari Puskesmas Bareng dan BNPB di basah koordinasi Kepala Puskesmas Bareng dr. Herlin Kisworini.

Tujuan vaksinasi ini untuk mendukung program kekebalan kelompok (Herd Immunity) terhadap COVID-19.

Sebagaimana dilansir dari infeksiemerging.kemkes.go.id, Herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok.* (dmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *