↑ Kembali ke Profil

Tupoksi

Mengacu pada Peraturan Walikota Malang Nomor 71 Tahun 2008, disebutkan bahwa tugas dan fungsi Kelurahan yaitu :
1.     Lurah
        Lurah mempunyai tugas sebagai berikut :
  1. Penyusunan dan pelaksanaan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja);
  2. Pelaksanaan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  3. Penyelenggaraan kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat;
  4. Pengkoordinasian kegiatan pembangunan;
  5. Pemberdayaan masyarakat;
  6. Pelayanan masyarakat;
  7. Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  8. Pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum;
  9. Pembinaan lembaga kemasyarakatan;
  10. Pelaksanaan penerapan dan penegakkan peraturan perundang-undangan di kelurahan;
  11. Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
  12. Penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan Publik (SPP);
  13. Pelaksanaan fasilitasi pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
  14. Pengelolaan pengaduan masyarakat;
  15. Pengelolaan administrasi umum, meliputi penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, kepustakaan dan kearsipan;
  16. Penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui website pemerintah daerah;
  17. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
  18. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai tugas dan fungsinya.
 2.     Sekretaris Kelurahan
     Sekretaris Kelurahan mempunyai tugas sebagai berikut :
  1. Pelaksanaan penyusunan Rencana Strategis dan Rencana Kerja (Renja);
  2. Pelaksanaan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA);
  3. Penyusunan Penetapan Kinerja (PK);
  4. Penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan Publik (SPP);
  5. Pelaksanaan dan pembinaan ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan;
  6. Pengelolaan urusan kehumasan, keprotokoleran dan kepustakaan;
  7. Pelaksanaan administrasi dan pembinaan kepegawaian;
  8. Pengelolaan anggaran dan retribusi;
  9. Pelaksanaan administrasi keuangan dan pembayaran gaji pegawai;
  10. Pelaksanaan verifikasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) keuangan;
  11. Pelaksanaan inventarisasi aset/kekayaan daerah yan ada di kelurahan;
  12. Pelaksanaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  13. Pelaksanaan fasilitasi pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
  14. Penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui website pemerintah daerah;
  15. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
  16. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Lurah sesuai tugas dan fungsinya.
 3.     Kepala Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum
    Kepala Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas sebagaiberikut :
  1. Pengumpulan dan pengolahan data dalam rangka perencanan program dan kegiatan pemerintahan, ketentraman dan ketertiban umum di tingkat kelurahan;
  2. Pelaksanaan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  3. Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum kelurahan;
  4. Penyusunan monografi kelurahan;
  5. Pelaksanaan pembinaan perlindungan masyarakat (LINMAS);
  6. Pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan bencana alam dan pengungsi;
  7. Pengkoordinasian penerapan dan penegakkan peraturan perundang-undangan;
  8. Fasilitasi kegiatan organisasi sosial dan kemasyarakatan;
  9. Pelaksanaan administrasi dan registrasi pertanahan;
  10. Pelaksaan pemberian pengantar untuk pemberian pertimbangan teknis ijin keramaian di wilayah kelurahan;
  11. Pemantauan dan pelaporan pelaksanaan perijinan di wilayah kelurahan;
  12. Pemantauan terhadap perkembangan kegiatan pedagang kaki lima (PKL) di wilayah kelurahan;
  13. Pengkoordinasian penyelenggaraan kerjasama dengan perangkat daerah maupun kelompok masyarakat di tingkat kelurahan
  14. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
  15. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Lurah sesuai tugas dan fungsinya.
4.      Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan
     Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan mempunyai tugas sebagai
berikut:
  1. Pengumpulan dan pengolahan data dalam rangka perencanaan program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di tingkat kelurahan;
  2. Pelaksanaan program bidang pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di kelurahan;
  3. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian program bidang pemberdayaan masyarakat;
  4. Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan ketenagakerjaan dan perburuhan di wilayah kerjanya;
  5. Penyusunan profil kelurahan;
  6. Pembinaan dan pengembangan serta pemantauan kegiatan perindustrian, perdagangan, kepariwisataan, perkoperasian, usaha kecil menengah, dan golongan ekonomi lemah di wilayah kerjanya;
  7. Fasilitasi pembangunan partisipatif;
  8. Pelaksanaan pembinaan lingkungan hidup;
  9. Fasilitasi pengajuan proyek-proyek pembangunan oleh masyarakat;
  10. Pelaksanaan pengembangan perekonomian kelurahan di wilayah kerjanya;
  11. Pemberian pengantar pertimbangan teknis atas usaha informal dan/atau pedagang kaki lima;
  12. Perkoordinasian upaya peningkatan partisipasi dan swadaya masyarakat dalam bidang pembangunan, peningkatan kualitas lingkungan dan permukiman;
  13. Pengkoordinasian kegiatan kelompok jabatan fungsional;
  14. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
  15. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Lurah sesuai tugas dan fungsinya.
 5.      Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat
      Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat mempunyai tugas sebagai berikut :
  1. Pengumpulan dan pengolahan data dalam rangka perencanaan program dan kegiatan kesejahteraan masyarakat di tingkat kelurahan;
  2. Pelaksanaan program bidang kesejahteraan masyarakat;
  3. Pelaksanaan pemberian bantuan sosial, pembinaan kepemudaan dan olahraga serta peningkatan sarana perempuan;
  4. Pelaksanaan pembinaan kehidupan keagamaan, pendidikan, kebudayaan, kesenian dan kesehatan masyarakat;
  5. Pemantuan dan pelaporan terjadinya kerawanan sosial, wabah penyakit menular dan kesehatan masyarakat;
  6. Pelaksanaan administrasi dan pemberian pertimbangan teknis nikah, talak, cerai, rujuk (NTCR);
  7. Pelaksanaan pemberian pengantar bepergian haji;
  8. Pelaksanaan pengawasan atas kondisi terjadinya rawan pangan;
  9. Pelaksanaan pemberian pertimbangan teknis status sosial;
  10. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
  11. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Lurah sesuai tugas dan fungsinya.
6.       Kepala Seksi Pelayanan Umum
     Kepala Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas sebagai berikut :
  1. Pengumpulan dan pengolahan data dalam rangka perencanaan program dan kegiatan peningkatan kualitas pelayanan umum di tingkat kelurahan;
  2. Pelaksanaan pelayanan masyarakat berupa pemberian pengantar penerbitan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Susunan Keluarga dan keterangan penduduk lainnya;
  3. Pelaksanaan pemberian pengantar dan legalisasi surat atau surat keterangan yang dibutuhkan masyarakat;
  4. Pelaksanaan pemberian pengantar untuk pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  5. Pelaksanaan pemantauan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  6. Pelaksanaan pungutan atas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di wilayah kerjanya;
  7. Pelaksanaan administrasi kependudukan;
  8. Pengelolaan pengaduan masyarakat;
  9. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Lurah sesuai tugas dan fungsinya.
7.        Kelompok Jabatan Fungsional
       Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas pokok pelaksanaan sebagian kegiatan kelurahan secara professional sesuai dengan kebutuhan, dan Kelompok jabatan fungsional ini dalam melaksanakan tugas pokoknya bertanggung jawab kepada Lurah. Sampai saat ini jabatan fungsional yang berada di Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojejn Kota Malang adalah Penyuluh Keluarga Berencana (PLKB).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>