Event-KegiatanSarana dan PrasaranaUtama

Pembangunan IPAL Komunal RW 2 Dimulai

Lurah Sukoharjo bersama Tokoh Masyarakat meresmikan Pembangunan IPAL Komunal di RW.02, Rabu (16/09/2020).

Setelah pembangunan IPAL Komunal tahap 1 Tahun Anggaran 2020 Kel Sukoharjo yang berlokasi di wilayah RW 6 tuntas. Pembangunan IPAL Komunal tahap 2 mulai dilakukan di wilayah RT 3 dan RT 4 RW 2 Kel. Sukoharjo.

Menandai awal pembangunan prasarana IPAL Komunal di wilayah tersebut, tokoh masyarakat RW 2 berinisiatif mengadakan tasyakuran sederhana berupa pemotongan tumpeng, doa bersama dan penggalian secara simbolis, Rabu (16/9/2020).

Kegiatan tasyakuran tersebut dihadiri oleh jajaran Kelurahan Sukoharjo, Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas), Ketua RW 2 beserta Ketua RT 3 dan RT 4, Perwakilan Pengurus PKK RW, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta tokoh masyarakat setempat dengan menerapkan standar protokol kesehatan COVID19.

Dalam sambutan Lurah yang diwakili oleh Sekretaris Kelurahan Sukoharjo, disampaikan bahwa Pembangunan IPAL Komunal di wilayah RW 2 ini dilaksanakan secara swakelola dengan tipe 4, yang artinya pelaksanaan dan pengawasannya dilakukan oleh oleh Pokmas. Sumber pembiayaan Prasarana IPAL Komunal tersebut dari DAU Tambahan melalui DPA Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan Kelurahan Sukoharjo Tahun Anggaran 2020.

Jumlah luasan IPAL Komunal yang dibangun di wilayah RW 2 sejumlah 10 kubik. Lima kubik di RT 03 dan 5 kubik di RT 04. Sementara itu jumlah IPAL Komunal yang telah dibangun sebelumnya di RW 6 juga seluas 10 kubik, dengan rincian 5 kubik di RT 01 dan 5 kubik di RT 10. Sehingga total seluruh IPAL Komunal yang dibangun seluas 20 kubik.

Dengan dibangunnya IPAL Komunal ini diharapkan dapat menurunkan jumlah perilaku ODF (Open Defecation Free) atau Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan masyarakat bisa menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Usai tasyakuran yang dilakanakan di TPQ RW 2, Lurah Sukoharjo, Munadi, S.Sos, MM secara bergantian dengan Ketua Pokmas dan Ketua RW 2 melakukan penggalian pertama sebagai simbol dimulainya pembangunan IPAL Komunal di RW 2 Kel. Sukoharjo.

Dalam kesempatan tersebut, para tokoh masyarakat juga menyempatkan menjenguk Ketua LPMK Achmad Gozali yang sedang sakit di kediamannya yang tak jauh dari lokasi pembangunan IPAL. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *