BeritaEvent-KegiatanPemberdayaan MasyarakatUtama

Alhamdulillah! Musrebangkel Sukoharjo 2020 Sukses Digelar

Dalam rangka penyusunan RKPD 2021, warga Kelurahan Sukoharjo Kec. Klojen menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kelurahan (Musrenbangkel) di Aula Atas Kel. Sukoharjo, Selasa (21/1/2020).

Warga Sukoharjo antusias mengikuti Musrebangkel 2020 di Aula Kelurahan Sukoharjo, Jum’at (21/01/2020)

Musyawarah yang dihadiri sekitar 100 orang dari perwakilan RW serta unsur lembaga kemasyarakatan di Kel. Sukoharjo tersebut dibuka oleh Lurah Sukoharjo Munadi, S.Sos, MM pada pukul 20.00 WIB. Hadir sebagai narasumber Camat Klojen Heru Mulyono dan Kabag Pemerintahan Setda Kota Malang Drs. Prayitno, M.Si.

Musrenbangkel dipimpin oleh Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kel Sukoharjo, Sunarsun didampingil oleh Ketua LPMK Ghozali. Sementara itu Laskar Perencana Ghazy Al Farras Ilham dengan sigap mencatat dan menginput usulan-usulan pembangunan yang menjadi prioritas kelurahan untuk dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2021 mendatang.

Secara umum musyawarah berlangsung dengan lancar, karena memang usulan-usulan prioritas dari masing-masing unsur lembaga telah dibahas pada kegiatan pramusrenbang yang diselenggarakan sebelumnya, pada Jum’at (10/01/2019).

Salah satu catatan yang diberikan oleh warga adalah, pihak penyelenggara perlu menyosialisasikan dasar hukum (Perwal dan sebagainya) kepada warga sebelum memberikan form usulan kepada masyarakat agar masyarakat paham mana saja usulan program pembangunan fisik maupun nonfisik yang bisa diusulkan melalui musrenbang.

“Jangan sampai usulan yang disampaikan oleh warga tersebut tidak bisa masuk aplikasi karena memang tidak dibolehkan oleh payung hukum yang berlaku,” ujar warga bernama Upas tersebut. “Dengan demikian warga bisa menghemat energi dan waktu untuk merencanakan usulan yang lebih tepat sasaran,” lanjutnya.

Setelah menetapkan program prioritas pembangunan, musrenbangkel yang berakhir sekira pukul 23.00 WIB tersebut juga menetapkan lima orang yang akan menjadi delegasi Kel. Sukoharjo untuk mengikuti musrenbang tingkat kecamatan (Musrenbangcam) Klojen.

Lima orang yang ditunjuk sebagai delegasi Musrenbangcam dari Kel. Sukoharjo tersebut adalah:
1. Ketua TP PKK Kel Sukoharjo
2. Bapak Yusuf
3. Bapak Ghozali (Ketua LPMK)
4. Bapak Yono
5. Bapak Sunarsun (Ketua BKM)

Melalui musrenbangkel ini semoga semua program pembangunam yang diusulkan oleh masyarakat dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta sesuai dengan harapan semua pihak. (dmb)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *