BeritaUtama

Peletakan Batu Pertama Renovasi Langgar Fadlillah, Wawali: Catat Ini Dalam Sejarah!

Wakil Wali Kota Malang, Ir. Sofyan Edi Jarwoko hadir dalam acara Peletakan Batu Pertama Renovasi Langgar Fadlillah yang terletak di Jl. Gatot Subroto Gg. IV RT 03 RW 02, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Ahad pagi (1/11/2020).

Hadir mendampingi Wawali, Camat Klojen Heru Mulyono, S.IP, MT, Lurah Sukoharjo Munadi, S.Sos, MM beserta staf, Bhabinkamtibmas Sukoharjo Aiptu Bambang Sutrisno, Ust Muhammad Adzim selaku tokoh agama, bersama tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Wawali salut kepada warga Sukoharjo karena walau dalam masa pandemi dan ekonomi yang serba sulit, namun masih mampu menyisihkan hartanya untuk melaksanakan renovasi tempat ibadah.

Pria berkacamata itu juga menyampaikan terima kasih kepada warga yang disiplin memakai masker dalam mencegah penularan COVID-19. Ia menyebutkan bahwa menurut data Satgas COVID-19 Kota Malang, saat ini tidak ada lagi pasien COVID dari wilayah Kel. Sukoharjo. Beberapa pasie  yang pernah teridentifikasi positif COVID, kini telah dinyatakan sembuh oleh tim medis.

Hal itu tidak lepas dari kedisiplinan warga dalam memakai masker. Oleh karena itu ia menekankan bahwa memakai masker kini sudah menjadi budaya kita.

“Seperti dulu pada saat awal sosialisasi helm, (orang juga menganggap aneh), rambut sudah rapi kok malah ditutup helm, namun kini sudah menjadi kebiasaan. Jadi ini hanya soal kebiasaan,” tuturnya.

Sofyan Edi juga berharap agar renovasi pembangunan Langgar Fadillah dicatat dalam sejarah. Untuk menjadi energi di masa mendatang bagi anak cucu dan generasi penerus, dalam melanjutkan cita-cita para pendahulu.

“Langgar Fadilah sendiri merupakan tanah waqaf dan sudah bersertifikasi. Kita akan teliti dan pantau proses renovasi pembangunannya. Tentu akan kami support dan kawal terus sampai terwujud,” tutupnya.

Selanjutnya Wawali Kota Malang, Ir. Sofyan Edi Jarwoko melakukan prosesi peletakan batu pertama tanda dimulainya renovasi tahap pertama Langgar Fadillah. Prosesi acara tersebut diiringi selawatan dari para jamaah Langgar Fadillah.

Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan, Seger Harianto menyampaikan, rencana pembangunan Langgar Fadlillah akan dilaksanakan dalam dua tahap.

Tahap pertama diperkirakan akan selesai dalam 8 minggu. Sedangkan tahap kedua nanti menyesuaikan bahan yang tersedia. Proses pengerjaan melibatkan jasa tukang dan swadaya masyarakat.

“Alokasi anggaran dana renovasi pembangunan berasal dari swadaya masyarakat, jamaah dan bantuan Pemerintah Kota Malang,” ujar Seger.

Alasan yang mendasari renovasi yaitu, daya tampung Langgar Fadlillah sudah tidak bisa menampung jumlah jamaah yang semakin antusias dalam menjalankan ibadah dan makin meningkatnya kegiatan keagamaan.

Karena letak langgar yang berada di dalam kampung, maka tidak memungkinkan untuk melakukan pelebaran bangunan. Sehingga proses renovasi yang akan dikerjakan adalah dengan menambah jumlah lantai.

“Langgar Fadillah memiliki luas bangunan kurang lebih 64 meter persegi. Rencananya, akan dibangun menjadi dua lantai. Lantai dasar khusus area salat pria, sedangkan lantai dua untuk jamaah wanita,” terang Seger.

“Untuk mewujudkan pembangunan, dibutuhkan aggaran sebesar 196 Juta. Sesuai estimasi anggaran yang telah direncanakan bersama,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, panitia memaparkan sumbangan uang dan material telah terkumpul. Dengan rincian, uang dari swadaya para jamaah sebesar Rp50.449.500, material kayu dan papan sebanyak 1 kubik, ubin porselen 54 kotak, semen 150 sak, besi beton ukuran 16 mm sebanyak 12 batang, ukuran 12 mm 20 batang, ukuran 10 mm 20 batang, ukuran 8 mm 20 batang, dan ukuran 6 mm 40 batang.

“Selaku panitia, kami selalu berikhtiar membuka diri kepada semua pihak yang berkenan memberi bantuan. Baik itu bantuan berupa donasi, material, moril, maupun doa untuk mengiringi terwujudnya pembangunan Langgar Fadillah. Dengan didasari dengan keikhlasan dan ketulusan bersama,” tandas Seger.

“Ketika renovasi sudah terwujud, kami berharap Langgar Fadillah dapat digunakan semaksimal mungkin, untuk ibadah dan sesuai fungsinya,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua RW 02 M. Rif’an Yasin berharap semoga dengan direnovasinya Langgar Fadlillah dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan jalan rajin berjamaah di langgar tersebut.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *