Home > Berita > Kecamatan Klojen Raih Lima Besar SAKIP Terbaik di Pemkot Malang

Kecamatan Klojen Raih Lima Besar SAKIP Terbaik di Pemkot Malang

Meraih nilai A, Kecamatan Klojen masuk dalam lima besar dalam penilaian hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) bersama empat perangkat daerah lainnya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji kepada para kepala perangkat daerah pada Apel pagi di Balai Kota Malang, Senin (7/2/2022).

Wali Kota Malang usai pemberian penghargaan berfoto bersama Kepala Perangkat Daerah berprestasi di Balai Kota Malang, Senin (7/2/2022)

Lima perangkat daerah peringkat terbaik tersebut yakni: Peringkat pertama diraih Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), disusul Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) dengan nilai AA. Berikutnya Inspektorat, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), serta Kecamatan Klojen meraih nilai A.

Dari capaian kinerja tersebut, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji memberikan piagam penghargaan dan anggaran peningkatan kapasitas aparatur masing-masing Rp50 juta, Senin (7/2/2022).

Piagam Penghargaan Peringkat 5 SAKIP 2021 Terbaik

Pada momen apel rutin ini, juga diberikan penghargaan berupa tanda kehormatan, yaitu Satyalancana Karyasatya kepada 297 aparatur sipil negara (ASN). Penghargaan ini diberikan kepada para ASN yang kinerjanya dinilai baik, tidak pernah melanggar aturan dan telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun. Salah satu perwakilan ASN dari Kecamatan Klojen yang menerima penghargaan Satyalancana Karyasatya X adalah Sekretaris Kelurahan Sukoharjo Dani Maroe Beni, S.Sn., M.Med.Kom.

Disampaikan Wali Kota Sutiaji, penghargaan ini sebagai bukti diberlakukannya reward and punishment bagi para ASN. Hal ini sebagai pemicu bagi mereka dan institusi lain, agar berlomba-lomba untuk meraih penghargaan serupa nantinya. Pemberian apresiasi ini pun mengacu pada Peraturan Wali Kota Malang Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan dan Hukuman.

Menurut Sutiaji, secara internal penataan keadministrasian harus terus dikuatkan agar dapat terus memberi pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

“Jika para pelayan masyarakat seperti kita ini bekerja dengan baik, maka setiap warga akan merasa terlayani dan warga dapat merasakan kehadiran negara di tengah-tengah mereka,” tegasnya.

Wali Kota Malang Drs H. Sutiaji menyerahkan penghargaan kepada Camat Klojen Drs. Heri Sunarko, M.Si

Sementara itu, Camat Klojen Drs. Heri Sunarko, M.Si menyampaikan terima kasih kepada seluruh Lurah dan karyawan di lingkungan Kecamatan Klojen karena keberhasilan meraih penghargaan tersebut adalah berkat kerja keras dan sinergi yang baik oleh seluruh sumber daya manusia yang ada di lingkungan Kecamatan Klojen. “Kecepatan respons dalam melaksanakan administrasi pemerintahan menjadi salah satu faktor penilaian ini,” tuturnya.

Camat Klojen berfoto bersama Lurah se-Kec. Klojen usai serah terima penghargaan SAKIP, Selasa (8/2/2022)

“Mudah-mudahan penghargaan ini mampu memotivasi seluruh aparatur di Kecamatan Klojen untuk terus maju, berprestasi, dan berinovasi pada masa mendatang,” tutupnya.*** (sy/rm/dmb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*