BeritaUtama

Penyaluran BST Tahap 4 dan 5 Berjalan Mancarli

Program Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) Tahap 4 dan 5 telah disalurkan melalui PT Pos Indonesia, Jum’at (28/8/2020).

Penyaluran BST Tahap 4 dan 5 di Kantor Pos Malang, Jum’at (28/8/2020)

Sejumlah 580 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Kelurahan Sukoharjo telah mendapatkan undangan resmi dengan QR Code yang disampaikan melalui ketua RT dan RW masing-masing untuk mengambil bantuan tersebut bertempat di halaman belakang Kantor Pos Besar Kota Malang, Jl. Merdeka Selatan Kota Malang.

Jadwal Penyaluran BST Tahap 4 dan 5 bagi KPM Kelurahan Sukoharjo dilaksanakan pada pukul 13.00 s.d. 17.00 WIB. Selain Kelurahan Sukoharjo, pada hari yang sama juga dilaksanakan penyaluran BST bagi warga Kel. Kiduldalem dan Kel. Kasin Kec. Klojen

Dari 580 KPM di Kel Sukoharjo yang menerima undangan, sejak dibuka pada pukul 13.00 hingga loket ditutup pada pukul 16.00, hanya 562 KPM yg hadir mengambil bantuan. Sementara itu, 18 KPM sisanya belum mengambil bantuan tersebut disebabkan antara lain: ketidaksesuaian data pada Surat Undangan dengan NIK, sakit, atau ke luar kota namun belum dikuasakan ke anggota keluarga dalam 1 KK, dan sebagainya.

Untuk pengambilan BST tersebut, memang disyaratkan antara lain: Membawa KK dan KTP Asli dan fotokopi (masing-masing rangkap 2); Membawa Undangan QR Code Asli dari PT Pos Indonesia (yang disampaikan melalui Ketua RW masing-masing); Memakai Masker dan mengikuti protokol COVID-19; dan jika berhalangan dapat diwakilkan oleh anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK) dengan Surat Kuasa yang diregister oleh Kelurahan.

KPM yang belum berkesempatan hadir sesuai jadwal (Jum’at, 28/8/2020) dapat mengambil BST dengan jadwal pengambilan susulan, yakni mulai hari Selasa (1/9/2020) di loket Kantor Pos Malang.

Selain oleh petugas Kantor Pos, proses penyaluran BST juga didukung oleh petugas ASN dari Kantor Kecamatan Klojen, Kelurahan Sukoharjo, serta Bhabinkamtibmas Kel. Sukoharjo.

Walaupun pelaksanaan penyaluran berakhir lebih lama dari jadwal yang sudah diperkirakan pada pukul 16.00 WIB, namun pada umumnya proses penyerahan bantuan berjalan dengan aman, lancar, terkendali (mancarli), dan tanpa kendala berarti.*** (dmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *