Home > Event-Kegiatan > Lomba Dasawisma Kelurahan Sukoharjo, Ini Dia Juaranya

Lomba Dasawisma Kelurahan Sukoharjo, Ini Dia Juaranya

Setelah melalui pelatihan administrasi dasawisma yang dilaksanakan dalam tiga tahap sebagaimana diberitakan sebelumnya (lihat: Pelatihan Administrasi Gelombang 3 Usai, Dasawisma Siap Berkompetisi), seluruh dasawisma di Kelurahan Sukoharjo berlomba-lomba menjadi yang terbaik dalam Lomba Dasawisma Kelurahan Sukoharjo yang puncaknya dilaksanakan di Aula Kelurahan Sukoharjo, Selasa (01/12/2020).

Sekretaris TP PKK Kec. Klojen Jetty Sihaloho selaku salah satu tim juri memberi penjelasan kepada peserta, Selasa (1/12/2020)

Acara yang bertajuk Pembinaan, Evaluasi, dan Lomba Administrasi Dasawisma tersebut merupakan salah satu bagian dari Kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan Sukoharjo Tahun Anggaran 2020.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Lurah Sukoharjo Munadi, S.Sos, MM tersebut dihadiiri oleh seluruh perwakilan dasawisma dari seluruh RT di wilayah Kelurahan Sukoharjo.

Para peserta lomba menyimak penjelasan tim juri, Selasa (1/12/2020)

Dalam acara tersebut, hadir pula tiga narasumber yang juga bertindak sebagai tim juri Lomba Dasawisma dari TP PKK Kecamatan Klojen, yakni Ketua TP PKK Suharti Titik Sumarni Heru, Sekretaris I Jetty Sihaloho, dan Sekretaris II Indiati.

Ketiga anggota tim juri yang dipimpin oleh Suharti Titik Sumarni memberikan penilaian tahap akhir terhadap seluruh kelengkapan dan tata kelola administrasi dasawisma.

Proses penilaian lomba dasawisma ini sebenarnya sudah dimulai sejak Pelatihan Dasawisma Gelombang I pada bulan Agustus 2020 lalu (lihat: Dasawisma Tulang Punggung Pemberdayaan Keluarga). Saat pelatihan administrasi dasawisma proses pembinaan dan penilaian sudah dilakukan oleh tim juri.

Dalam kegiatan pembinaan yang telah dilaksanakan sebelumnya, setiap dasawisma juga menerima paket buku administrasi dasawisma serta dilatih cara mengisinya. Buku-buku yang telah diisi oleh tiap dasawisma kemudian dikirim ke kecamatan untuk diverifikasi dan dinilai oleh tim juri dari TP PKK Kec. Klojen.

Sekretaris Kelurahan Sukoharjo Dani Maroe Beni, S.Sn, M.Med.Kom menyerahkan hadiah kepada Dasawisma RW 6 selaku pemenang, Selasa (1/12/2020)

Dari hasil penilaian akhir tim Juri terpilihlah Dasawisma Bougenvile (RT 12 RW 06) sebagai Dasawisma dengan tata kelola administrasi terbaik. Selain itu juga dipilih lima juara lain yang mendapat nilai terbaik dari dewan juri. Berikut ini susunan lengkap penilaian terbaik Lomba Dasawisma tingkat Kelurahan Sukoharjo:

  • Juara I: Dasawisma Bougenvile (RT 12 RW 06)
  • Juara II: Dasawisma Anggrek (RT 04 RW 04)
  • Juara III: DW Lely I (RT 02 RW 03)
  • Juara Harapan I: Tulip (RT 05 RW 06)
  • Juara Harapan II Mawar II (RT 10 RW 01)
  • Juara Harapan III Matahari (RT 03 RW 07)

Keenam juara tersebut mendapatkan penghargaan dan hadiah yang diserahkan oleh Lurah Sukoharjo dan Tim Juri dari Kecamatan Klojen.

Para juara Lomba Dasawisma berfoto bersama Lurah Sukoharjo dan Dewan Juri, Selasa (1/12/2020)

Menurut Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Sukoharjo Emy Rahayu, S.AP selaku penyelenggara, tujuan dari diselenggarakannya lomba ini adalah untuk memotivasi kader PKK dalam melengkapi data-data keluarga di tiap dasawisma. Selain untuk mendukung program SIM PKK yang digalakkan oleh TP PKK Kota Malang bersama Dinas Komunikasi dan Informatika.

Kelengkapan data keluarga tersebut menjadi penting nilainya karena dapat diolah menjadi informasi dan masukan bagi pemerintah dalam menyusun kebijakan pembangunan, khususnya yang terkait dengan pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.*** (dmb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*